Rabu, 03 November 2021

Menulis Terbaik Buku Perpusnas

 


Pertemuan 14

Hari/Tanggal           :     Rabu, 03 November 2021

Materi                     :     Menulis Terbaik Buku Perpusnas
Nara sumber           :     Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.
Moderator               :     Aam Nurhasanah
Penulis                    :     Fatmawati, S.Pd.

Atas Berkat Rohmat Alloh Yang Maha Kuasa pada hari ini Rabu tanggal 03 November 2021 dapat mengikuti pelatihan belajar menulis pertemuan ke-14 dengan penuh semangat.

Moderator pada pertemuan kali ini adalah Ibu Aam Nurhasanah dengan gayanya yang khas membuat semua peserta pelatihan belajar menulis semakin bersemangat dan antusias. Nara sumber kali ini  adalah Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd. yang merupakan dosen di FIP Program Studi Bimbingan dan Konseling Unipar Jember dan merupakan alumni Belajar Menulis gelombang 4. Beliau lebih dikenal dengan Bunda Muda dengan segudang prestasi, peraih penulis buku terbaik perpusnas, dan bukunya kolaborasi dengan Prof. Ekoji dalam tantangan menulis buku satu minggu. Bukunya lolos seleksi penerbit mayor dan mendulang kesuksesan.

Nara sumber menjelaskan bahwa menulis merupakan keterampilan untuk menuangkan ide dan gagasan secara tertulis. Menulis kreatif dapat didefinisikan sebagai proses menulis yang bertumpu pada pengembangan daya cipta dan ekspresi pribadi dalam bentuk tulisan yang baik dan menarik. 

Cara membuat teks deskripsi dari awal

1.    Memilih dan menentukan objek yang akan dibahas.

2.    Menentukan maksud dan tujuan dalam penulisan teks deskripsi.

3.  Mengumpulkan sumber data dan informasi yang dapat membantu menggambarkan objek secara terperinci.

4.    Menyusun kerangka karangan dari data dan informasi yang sudah diperoleh.

Pada awal sejarahnya, menulis dilakukan dengan menggunakan gambar, contohnya tulisan hieroglif pada zaman Mesir Kuno. Tulisan dengan aksara muncul sekitar 5.000 tahun lalu. Banyak orang dari Sumeria (Irak) menciptakan tanda-tanda pada tanah liat yang mewakili bunyi, berbeda dengan huruf-huruf hieroglif yang mewakili kata-kata atau benda.

Biasanya menulis menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil yang dilakukan pada media kertas. Seiring dengan perkembangan zaman sejak diciptakannya teknik percetakan, orang makin giat menulis karena karya tulis mereka mudah diterbitkan sehingga kegiatan menulis berkembang pesat. Perkembangan kegiatan menulis tersebut bertambah pesat lagi di dunia seiring dengan perkembangan teknologi dan media. Setiap orang dapat memperoleh bahan penulisan dari internet melalui media elektronik sehingga membuat penulis menjadi lebih efisien dalam memanfaatkan waktu, biaya, dan tenaga untuk menulis. Selain itu penulis juga bisa menggunakan teknologi berbasis internet untuk berbagi semua tulisannya di manapun ia berada. Begitu juga dengan para pembaca, akan lebih mudah untuk melihat tulisan-tulisan penulis yang digemarinya.

Unsur dalam Tulisan

Kegiatan menulis menghasilkan tulisan yang mempunyai empat unsur yaitu :

1.    Gagasan

Gagasan merupakan topik yang dimiliki oleh sebuah tulisan berkaitan dengan pengalaman masa lalu atau pengetahuan yang dimiliki oleh penulis. Topik disajikan dalam bentuk pendapat, pengalaman atau pengetahuan.

2.    Tuturan

Tuturan merupakan gagasan yang dapat dimengerti oleh pembaca tulisan. Jenis tuturan umumnya terbagi menjadi deskripsi, persuasi, narasi, argumentasi dan eksposisi.

3.    Tatanan

Tatanan merupakan kaidah yang harus dipenuhi ketika gagasan diungkapkan selama kegiatan menulis. Penulis harus menulis sesuai dengan tatanan yang berlaku dalam suatu tulisan.

4.    Wahana

Wahana merupakan alat pendukung untuk menyampaikan gagasan dalam menulis. Wahana dapat berbentuk gramatika, kosakata dan retorika. Banyaknya wahana yang digunakan selama kegiatan menulis bergantung kepada tingkat penguasaan makna dan jumlah kata yang diketahui oleh penulis

 

Tujuan Menulis

Menulis secara umum memiliki tujuan sebagai berikut :

1. Memberikan arahan pada pembaca mengenai sesuatu melalui tulisan dalam bentuk pedoman, petunjuk atau informasi.

2. Menjelaskan bermakna bahwa tulisan memberikan suatu informasi yang perlu diketahui oleh pembaca.

3.    Menceritakan suatu kejadian yang pernah terjadi dalam bentuk informasi.

4.  Meringkas  atau mempersingkat isi tulisan yang telah ada menjadi lebih ringkas tanpa menghilangkan gagasan yang ada di dalamnya

5. Meyakinkan pembaca melalui isi tulisan untuk membuat pembaca menyetujui atau sependapat dengan gagasan yang tertulis.

 

Tingkatan Menulis

Berdasarkan tingkat keseriusannya, menulis dibedakan menjadi :

1. Menulis serius merupakan kegiatan menulis yang memerlukan tingkat kecermatan yang tinggi disertai dengan tingkat konsentrasi yang tinggi seperti menulis karangan.

2.   Menulis santai merupakan kegiatan menulis yang hanya membuat tulisan sekadarnya saja dan tidak diperlukan konsentrasi yang tinggi seperti menulis pesan singkat.

 

Hambatan Menulis

Kegiatan menulis umumnya terhambat akibat adanya keraguan penulis terhadap tulisan yang ditulisnya dan pada umumnya adalah pemikiran-pemikiran yang tidak rasional dan berlebihan. Ada beberapa bentuk keraguan dalam menulis antara lain :

1.  Kecemasan terhadap tulisan yang dihasilkan. Kecemasan terhadap tulisan yang dihasilkan merupakan  kecemasan mengenai kelayakan tulisannya dalam sudut pandang pembaca serta kesesuaiannya dengan selera pembaca.

2.    Kehabisan gagasan dan ketakutan akibat persaingan ide dengan penulis lainnya. Kehabisan gagasan umumnya terjadi akibat stres kerja yang diakibatkan karena kurangnya kegiatan rekreasi yang dilakukan oleh penulis.

 

Penulis memiliki kemampuan menulis yang berbeda-beda. Perbedaan ini umumnya dipengaruhi oleh latar belakang kehidupan dari penulis dan kemampuan penulis atau bisa juga dipengaruhi oleh kebutuhan dari pembaca tulisan.

Selain melatih kemampuan menulis sangat penting melakukan Novelty. Novelty adalah unsur kebaruan atau temuan dari sebuah penelitian sehingga memiliki kontribusi baik bagi keilmuan maupun bagi kehidupan. Artinya dalam menulis tidak diperbolehkan untuk copas tulisan orang lain atau plagiasi. Temuan baru yang kita miliki dituangkan dalam bentuk tulisan dan hasilnya diterbitkan menjadi sebuah buku.

 Semoga Alloh SWT senantiasa membimbing kita. Aamiin.


1 komentar:

  1. Lengkap Bun. maju terus. mampir ke blog saya ya. Saling memberi semangat...

    BalasHapus

Motivasi Belajar

Pengertian Motivasi Belajar Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dari dalam diri siswa untuk melakukan aktivitas belajar dan m...