Sabtu, 11 Desember 2021

Aneka Kecerdasan Manusia

Layanan Bimbingan  dan Konseling Klasikal 

Aneka Kecerdasan Manusia

Tugas Perkembangan  :    Mencapai kematangan dalam peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia dengan cara menyadari diri sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang dianugerahi dengan aneka macam kelebihan dan keunggulan dalam kecerdasan

Komponen Layanan     :     Layanan Dasar

Bidang Layanan           :     Pribadi dan Sosial

Fungsi Layanan           :     Pemahaman dan Pengembangan

Tujuan Layanan       :  Setelah menerima informasi tentang aneka kecerdasan manusia melalui media pembelajaran PPT, gambar dan video peserta didik dapat :

1.    Bersyukur atas anugerah kecerdasan secara gratis dari Tuhan dengan  memanfaatkan dan mengembangkannya secara seimbang dan bertanggungjawab  agar hidup menjadi lebih bermakna

2.  Mengenal aneka macam kecerdasan manusia  pada umumnya dan kecerdasan diri pada khususnya dengan baik dan tepat sehingga dapat mengembangkannya untuk membantu kehidupannya menjadi lebih baik

3.      Menerima dan menghargai perbedaan kecerdasan antar manusia, serta memanfaatkan perbedaan itu untuk saling melengkapi sehingga tercipta suasana kehidupan yang harmonis.

Sasaran Layanan               :     Kelas X

Tema / Topik Layanan      :     Mengenal Aneka Kecerdasan Manusia

Instrumen Penilaian          :     Tugas

Bahan dan alat                  :     Kertas/buku, pena dan HP (Android)

Metode                              :     Daring melalui WhatsApp atau Google Classroom

 

Langkah-Langkah Kegiatan Peserta Didik :

1.      Bacalah materi PPT tentang Aneka Macam Kecerdasan Manusia

     https://docs.google.com/presentation/d/1B8iFn3J5-S-mCeaT9c88H2kyFMKo-1GZ/edit?usp=sharing&ouid=117644789042827499872&rtpof=true&sd=true

2.      Saksikan Video tentang Aneka Macam Kecerdasan Manusia

      Link Materi Video :  https://www.youtube.com/watch?v=hKpCeh2_EC4


3.  Lihat gambar tentang Aneka Macam Kecerdasan Manusia

 

4.      Kerjakan Tugas Berikut !

 

Nama Siswa                      :     ……………………………………….

Kelas                                 :     ……………………………………….

Hari / Tanggal                   :     ……………………………………….

  

Tugas 1

 

Mari kita teliti kecenderungan kecerdasan kita !

Berilah tanda ceklist (ü) pada pernyataan “YA” atau “TIDAK” di bawah ini untuk mengenal kecenderungan kecerdasanmu !

 

Kecerdasan Linguistik / Bahasa

NO

Indikator Kecenderungan

Cenderung “Ya”

Cenderung “Tidak”

1.

Suka menulis kreatif / menyukai pantun lucu atau permainan kata

 

 

2.

Suka mengarang kisah khayal / menikmati atau mendengarkan cerita / membaca buku

 

 

3.

Sangat hafal nama, tempat, tanggal, suka mengisi teka-teki silang

 

 

4.

Dapat mengeja kata-kata dengan cepat dan mudah

 

 

5.

Mempunyai kosa kata yang luas untuk anak seusianya

 

 

6.

Unggul dalam pelajaran sekolah yang melibatkan membaca atau menulis

 

 

JUMLAH

 

 

Apa yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut ?

 

 

 

 

Kecerdasan Logistik- Matematis

 

NO

Indikator Kecenderungan

Cenderung “Ya”

Cenderung “Tidak”

1.

Cepat menghitung problem aritmatika di luar kepala

 

 

2.

Menjelaskan masalah secara logis dan mampu memainkan teka-teki logika

 

 

3.

Menikmati penggunaan bahasa komputer / ahli bermain catur

 

 

4.

Suka menyusun hierarki atau struktur / memahami sebab akibat dengan mudah

 

 

5.

Menyenangi pelajaran matematika dan IPA serta berpartisipasi baik di kedua pelajaran itu

 

 

JUMLAH

 

 

Apa yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut ?

 

 

 

 

Kecerdasan Spasial

NO

Indikator Kecenderungan

Cenderung “Ya”

Cenderung “Tidak”

1.

Menonjol dalam kelas kesenian di sekolah

 

 

2.

Mudah menggambar sosok orang atau benda persis dengan aslinya

 

 

3.

Mudah membaca / memahami peta, grafik dan diagram

 

 

4.

Senang melihat film, slide, dan menekuni bidang fotografi

 

 

5.

Memberikan gambaran visual yang jelas ketika sedang menjelaskan sesuatu

 

 

JUMLAH

 

 

Apa yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut ?

 

 

 

Kecerdasan Kinestetik - Jasmani

 

NO

Indikator Kecenderungan

Cenderung “Ya”

Cenderung “Tidak”

1.

Berprestasi dalam olahraga

 

 

2.

Suka berolahraga

 

 

3.

Tidak bisa duduk diam, pandai menirukan gerakan / perilaku orang lain

 

 

4.

Terampil dalam bidang keterampilan tangan (kerajinan kayu, menjahit, mengukir, memahat, membentuk tanah liat, melukis dengan jari,dll)

 

 

5.

Sangat suka membongkar berbagai benda dan kemudian menyusunnya kembali

 

 

JUMLAH

 

 

Apa yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut ?

 

 

 

Kecerdasan Musikal

 

NO

Indikator Kecenderungan

Cenderung “Ya”

Cenderung “Tidak”

1.

Berprestasi dalam bidang musik, dapat memainkan alat musik

 

 

2.

Mempunyai suara yang bagus ketika bernyanyi

 

 

3.

Mudah mengingat melodi lagu, mengikuti irama musik

 

 

4.

Senang mengoleksi kaset / CD musik

 

 

5.

Lebih bisa / suka belajar dengan iringan musik

 

 

6.

Peka terhadap berbagai jenis musik dan suara-suara di lingkungan sekitar

 

 

JUMLAH

 

 

Apa yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut ?

 

 

Kecerdasan Interpersonal

NO

Indikator Kecenderungan

Cenderung “Ya”

Cenderung “Tidak”

1.

Mempunyai banyak teman, mudah bergaul atau beradaptasi dengan lingkungan

 

 

2.

Sangat mengenal lingkungan, mudah terlibat dalam kegiatan kelompok

 

 

3.

Berperan sebagai “Penengah Keluarga” ketika terjadi perselisihan

 

 

4.

Mampu bekerja, berhubungan secara efektif dan mengerti orang lain

 

 

5.

Mudah bersimpati dan berempati serta memiliki perhatian pada orang lain

 

 

6.

Unggul dalam pelajaran-pelajaran sosial

 

 

JUMLAH

 

 

Apa yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut ?

……………………………………………………………………………………………………………………

 

Kecerdasan Intrapersonal

NO

Indikator Kecenderungan

Cenderung “Ya”

Cenderung “Tidak”

1.

Mempunyai rasa percaya diri, belajar / bekerja dengan baik bila seorang diri

 

 

2.

Mempunyai pandangan hidup yang lain dari pada pandangan umum

 

 

3.

Mampu menganalisis dan merenungkan diri

 

 

4.

Memperlihatkan sikap independen dan kemauan yang kuat

 

 

5.

Bersikap realistis terhadap kekuatan dan kelemahan

 

 

JUMLAH

 

 

Apa yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut ?

 

 

 

Kecerdasan Naturalis

NO

Indikator Kecenderungan

Cenderung “Ya”

Cenderung “Tidak”

1.

Akrab dengan hewan piaraan atau berkebun

 

 

2.

Senang berjalan-jalan di alam terbuka, kebun binatang dan lain-lain

 

 

3.

Menghabiskan waktu di dekat akuarium atau ekosistem yang lain

 

 

4.

Suka mencatat fenomena alam yang berhubungan dengan flora dan fauna

 

 

5.

Suka membawa pulang serangga, bunga, daun, dan sebagainya untuk diperlihatkan kepada keluarga

 

 

6.

Menyenangi dan unggul dalam pelajaran biologi dan lingkungan hidup

 

 

JUMLAH

 

 

Apa yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut ?

……………………………………………………………………………………………………………………

 

Apa yang dapat kamu simpulkan tentang kecerdasan dominan yang kamu miliki berdasarkan kedelapan macam kecerdasan di atas ?

 

 

 

 

 

 

 

Tugas 2

 

NO

PERNYATAAN SIKAP

YA

TIDAK

1.

Setiap orang punya kelebihan dan punya kekurangan sehingga tidak boleh dicap bodoh

 

 

2.

Serendah apapun tingkat kecerdasan kita tetap harus dioptimalkan pemanfaatannya

 

 

3.

Tes untuk mengetahui kemampuan, bakat dan minat kita penting karena akan membantu kita dalam mengambil keputusan

 

 

4.

Dalam mengambil jurusan di sekolah dan menentukan cita-cita penting kiranya mempertimbangkan bakat dan kemampuan.

 

 

5.

Kecerdasan kita akan banyak berarti bagi kehidupan kita di masa depan jika dikembangkan dan dikelola dengan baik.

 

 


Fatmawati, S.Pd. (SMA N 1 Sumberejo Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung )

4 komentar:

Motivasi Belajar

Pengertian Motivasi Belajar Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dari dalam diri siswa untuk melakukan aktivitas belajar dan m...