Layanan Bimbingan dan Konseling Klasikal
Aneka Kecerdasan Manusia
Tugas Perkembangan : Mencapai kematangan dalam peningkatan iman,
takwa, dan akhlak mulia dengan cara menyadari diri sebagai makhluk ciptaan
Tuhan yang dianugerahi dengan aneka macam kelebihan dan keunggulan dalam
kecerdasan
Komponen Layanan : Layanan Dasar
Bidang Layanan : Pribadi
dan Sosial
Fungsi Layanan : Pemahaman
dan Pengembangan
Tujuan Layanan : Setelah menerima informasi tentang aneka kecerdasan manusia
melalui media pembelajaran PPT, gambar dan video peserta didik dapat :
1. Bersyukur atas
anugerah kecerdasan secara gratis dari Tuhan dengan memanfaatkan dan mengembangkannya secara seimbang dan bertanggungjawab
agar hidup menjadi lebih bermakna
2. Mengenal aneka
macam kecerdasan manusia pada umumnya
dan kecerdasan diri pada khususnya dengan baik dan tepat sehingga dapat mengembangkannya untuk membantu
kehidupannya menjadi lebih baik
3.
Menerima
dan menghargai perbedaan kecerdasan antar manusia, serta memanfaatkan perbedaan
itu untuk saling melengkapi sehingga tercipta suasana kehidupan yang harmonis.
Sasaran Layanan : Kelas X
Tema / Topik Layanan : Mengenal
Aneka Kecerdasan Manusia
Instrumen Penilaian : Tugas
Bahan dan alat : Kertas/buku, pena dan HP (Android)
Metode : Daring
melalui WhatsApp atau Google Classroom
Langkah-Langkah Kegiatan Peserta
Didik :
1. Bacalah
materi PPT tentang Aneka Macam Kecerdasan Manusia
2. Saksikan
Video tentang Aneka Macam Kecerdasan Manusia
Link Materi Video : https://www.youtube.com/watch?v=hKpCeh2_EC4
4. Kerjakan
Tugas Berikut !
Nama
Siswa : ……………………………………….
Kelas : ……………………………………….
Hari
/ Tanggal : ……………………………………….
Tugas 1
Mari kita
teliti kecenderungan kecerdasan kita !
Berilah
tanda ceklist (ü) pada
pernyataan “YA” atau “TIDAK” di bawah ini untuk mengenal kecenderungan
kecerdasanmu !
Kecerdasan Linguistik / Bahasa
NO |
Indikator Kecenderungan |
Cenderung “Ya” |
Cenderung “Tidak” |
1. |
Suka
menulis kreatif / menyukai pantun lucu atau permainan kata |
|
|
2. |
Suka
mengarang kisah khayal / menikmati atau mendengarkan cerita / membaca buku |
|
|
3. |
Sangat
hafal nama, tempat, tanggal, suka mengisi teka-teki silang |
|
|
4. |
Dapat
mengeja kata-kata dengan cepat dan mudah |
|
|
5. |
Mempunyai
kosa kata yang luas untuk anak seusianya |
|
|
6. |
Unggul
dalam pelajaran sekolah yang melibatkan membaca atau menulis |
|
|
JUMLAH |
|
|
|
Apa
yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut ? |
Kecerdasan Logistik- Matematis
NO |
Indikator Kecenderungan |
Cenderung “Ya” |
Cenderung “Tidak” |
1. |
Cepat
menghitung problem aritmatika di luar kepala |
|
|
2. |
Menjelaskan
masalah secara logis dan mampu memainkan teka-teki logika |
|
|
3. |
Menikmati
penggunaan bahasa komputer / ahli bermain catur |
|
|
4. |
Suka
menyusun hierarki atau struktur / memahami sebab akibat dengan mudah |
|
|
5. |
Menyenangi
pelajaran matematika dan IPA serta berpartisipasi baik di kedua pelajaran itu |
|
|
JUMLAH |
|
|
|
Apa
yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut ? |
Kecerdasan Spasial
NO |
Indikator Kecenderungan |
Cenderung “Ya” |
Cenderung “Tidak” |
1. |
Menonjol
dalam kelas kesenian di sekolah |
|
|
2. |
Mudah
menggambar sosok orang atau benda persis dengan aslinya |
|
|
3. |
Mudah
membaca / memahami peta, grafik dan diagram |
|
|
4. |
Senang melihat
film, slide, dan menekuni bidang fotografi |
|
|
5. |
Memberikan
gambaran visual yang jelas ketika sedang menjelaskan sesuatu |
|
|
JUMLAH |
|
|
|
Apa
yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut ? |
Kecerdasan Kinestetik - Jasmani
NO |
Indikator Kecenderungan |
Cenderung “Ya” |
Cenderung “Tidak” |
1. |
Berprestasi
dalam olahraga |
|
|
2. |
Suka
berolahraga |
|
|
3. |
Tidak
bisa duduk diam, pandai menirukan gerakan / perilaku orang lain |
|
|
4. |
Terampil
dalam bidang keterampilan tangan (kerajinan kayu, menjahit, mengukir, memahat,
membentuk tanah liat, melukis dengan jari,dll) |
|
|
5. |
Sangat
suka membongkar berbagai benda dan kemudian menyusunnya kembali |
|
|
JUMLAH |
|
|
|
Apa
yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut ? |
Kecerdasan Musikal
NO |
Indikator Kecenderungan |
Cenderung “Ya” |
Cenderung “Tidak” |
1. |
Berprestasi
dalam bidang musik, dapat memainkan alat musik |
|
|
2. |
Mempunyai
suara yang bagus ketika bernyanyi |
|
|
3. |
Mudah
mengingat melodi lagu, mengikuti irama musik |
|
|
4. |
Senang
mengoleksi kaset / CD musik |
|
|
5. |
Lebih bisa
/ suka belajar dengan iringan musik |
|
|
6. |
Peka
terhadap berbagai jenis musik dan suara-suara di lingkungan sekitar |
|
|
JUMLAH |
|
|
|
Apa
yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut ? |
Kecerdasan Interpersonal
NO |
Indikator Kecenderungan |
Cenderung “Ya” |
Cenderung “Tidak” |
1. |
Mempunyai
banyak teman, mudah bergaul atau beradaptasi dengan lingkungan |
|
|
2. |
Sangat
mengenal lingkungan, mudah terlibat dalam kegiatan kelompok |
|
|
3. |
Berperan
sebagai “Penengah Keluarga” ketika terjadi perselisihan |
|
|
4. |
Mampu bekerja,
berhubungan secara efektif dan mengerti orang lain |
|
|
5. |
Mudah
bersimpati dan berempati serta memiliki perhatian pada orang lain |
|
|
6. |
Unggul
dalam pelajaran-pelajaran sosial |
|
|
JUMLAH |
|
|
|
Apa
yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut ? …………………………………………………………………………………………………………………… |
Kecerdasan Intrapersonal
NO |
Indikator Kecenderungan |
Cenderung “Ya” |
Cenderung “Tidak” |
1. |
Mempunyai
rasa percaya diri, belajar / bekerja dengan baik bila seorang diri |
|
|
2. |
Mempunyai
pandangan hidup yang lain dari pada pandangan umum |
|
|
3. |
Mampu
menganalisis dan merenungkan diri |
|
|
4. |
Memperlihatkan
sikap independen dan kemauan yang kuat |
|
|
5. |
Bersikap
realistis terhadap kekuatan dan kelemahan |
|
|
JUMLAH |
|
|
|
Apa
yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut ? |
Kecerdasan Naturalis
NO |
Indikator Kecenderungan |
Cenderung “Ya” |
Cenderung “Tidak” |
1. |
Akrab
dengan hewan piaraan atau berkebun |
|
|
2. |
Senang
berjalan-jalan di alam terbuka, kebun binatang dan lain-lain |
|
|
3. |
Menghabiskan
waktu di dekat akuarium atau ekosistem yang lain |
|
|
4. |
Suka
mencatat fenomena alam yang berhubungan dengan flora dan fauna |
|
|
5. |
Suka
membawa pulang serangga, bunga, daun, dan sebagainya untuk diperlihatkan
kepada keluarga |
|
|
6. |
Menyenangi
dan unggul dalam pelajaran biologi dan lingkungan hidup |
|
|
JUMLAH |
|
|
|
Apa
yang dapat kamu simpulkan dari data tersebut ? …………………………………………………………………………………………………………………… |
Apa yang
dapat kamu simpulkan
tentang kecerdasan dominan yang kamu miliki berdasarkan
kedelapan macam kecerdasan di atas ?
Tugas 2
NO |
PERNYATAAN
SIKAP |
YA |
TIDAK |
1. |
Setiap orang
punya kelebihan dan punya kekurangan sehingga tidak boleh dicap bodoh |
|
|
2. |
Serendah apapun
tingkat kecerdasan kita tetap harus dioptimalkan pemanfaatannya |
|
|
3. |
Tes untuk
mengetahui kemampuan, bakat dan minat kita penting karena akan membantu kita
dalam mengambil keputusan |
|
|
4. |
Dalam mengambil
jurusan di sekolah dan menentukan cita-cita penting kiranya mempertimbangkan
bakat dan kemampuan. |
|
|
5. |
Kecerdasan kita
akan banyak berarti bagi kehidupan kita di masa depan jika dikembangkan dan
dikelola dengan baik. |
|
|
Fatmawati, S.Pd. (SMA N 1 Sumberejo Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung )
Terima kasih.
BalasHapusTerima kasih Bu
HapusAcceptable.. thank you
BalasHapusTerima kasih Bu...
Hapus