Sabtu, 11 Desember 2021

Strategi Memasarkan Buku

Pertemuan 21

Hari/Tanggal            :     Jum’at, 19 November 2021

Materi                      :     Strategi Memasarkan Buku
Narasumber            :     Agus Subardana, M.M.
Moderator               :     Ms. Phia
Penulis                    :     Fatmawati

Alhamdulillahirobbil’alamiin pada hari ini dapat mengikuti kelas belajar menulis pertemuan 21. Pertemuan kali ini dimoderatori oleh Miss Phia seorang moderator andal yang  menguasai beberapa bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jerman, dan Spanyol. Miss Phia alumni gelombang 20 dan merupakan alumni pertama yang menerbitkan buku hasil resume dalam bahasa Inggris. Sedangkan  nara sumber pada hari ini adalah Bapak Agus Subardana yang akan menyampaikan materi tentang Strategi Memasarkan Buku.

Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan bagi proses pembelajaran dan sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.

Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini pemerintah mendorong kegiatan membaca. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Dampak Penjualan  Buku Selama COVID 19 sangat dirasakan betul oleh pelaku usaha bidang Penerbitan Buku. Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku supaya selama pandemic Covid 19 ini tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu  strategi pemasaran. Srategi Pemasaran buku diubah melalui On Line dan jaringan komunitas secara on line.

Strategi pemasaran buku yg telah kami petakan menjadi 2 yaitu

1.    Strategi Pemasaran buku serangan udara (On Line )

a.    Pemasaran Buku lewat online

Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive dalam promosi yang bertujuan untuk :

-       Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial

-  Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.

-       Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

-       Menaikan penjualan dan profit

-       Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

-       Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

-       Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.

 

b.    Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Kita tentunya punya komunitas masing–masing, maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan penjualan buku yang kita tawarkan lebih tinggi. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

2.   Strategi Pemasaran buku melalui serangan darat ( Of line)

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju, antara lain :

a. Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan, antara lain :

-   Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .

-  Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner

-  Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.

- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )

-  Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan, kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.

 

b. Strategi Pemasaran dengan Directselling

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

-  Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).

-   Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah

-   Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

 

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .

Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :

-  Kunjungan langsung ke tiap sekolah untuk temui kepala Sekolah, bagian kurikulum , Biro umum dll.

-  Kunjungan langsung ke setiap Kampus / Perguruan Tinggi  untuk temui Dosen, tiap Kaprodi, tiap Dekan, ke LPPM dan sampai ke para Rektor .

-  Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.

Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.

Closing Statement dari nara sumber : Akhir kata kami sebagai “Tenaga pemasaran buku sangat bangga sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan karya – karya tulisan ilmu pengetahuan yang sangat berdampak sekali melalui jalur non formal ikut serta dalam  menceraskan kehidupan bangsa Indonesia”.

Maka dari itu Menulis adalah berjuang , Penulis adalah Pahlawan yang akan di kenang selama – lamanya. Lembaran karya adalah medan pertempuran, Pena adalah senjatanya.

"Buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia”.

Semoga materi hari ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laptop ASUS Selalu di Hati

Kemajuan ilmu dan teknologi membawa kehidupan manusia ke era dunia digital. Hampir semua aspek kehidupan manusia menggunakan media digital, ...