Jumat, 15 April 2022

Inovasi Pembelajaran

 

Jum’at, 18 Maret 2022

Pertemuan Ke-3 Kelas Inovasi PGRI

Flyer Kelas Inovasi PGRI

 

Inovasi Pembelajaran

(Narasumber : Edi Arham, S.Pi., M.Pd.)

 

Dalam KBBI Inovasi adalah penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat). Sedangkan karya inovasi adalah hasil pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni yang bermanfaat bagi pendidikan dan/atau masyarakat (Buku 4 PKB)

Mengapa kita harus berinovasi ?

Setiap orang memiliki alas an tertentu untuk melakukan sebuah inovasi. Ada yang berinovasi sebagai upaya untuk menyelesaikan permasalahan. Ada yang berinovasi karena ingin menuangkan ide atau gagasan yang dimilikinya dalam bentuk nyata. Ada yang berinovasi karena tuntutan pekerjaan da nada juga yang berinovasi sebagai sebuah hiburan.

Manfaat Menyusun Karya Inovasi

1.       Manfaat dalam  pembelajaran

Karya inovasi dapat memudahkan peserta didik memahami mempraktikkan materi pembelajaran

(Solusi dan Optimasi)

2.       Manfaat dalam kepegawaian

Karya inovasi merupakan karya yang dinilai angka kreditnya untuk kenaikan pangkat. Efek domino pembuatan karya inovasi

3.       Manfaat dalam kompetisi

Karya inovasi dapat diikutkan dalam perlombaan tingkat daerah, nasional & internasional

4.       Manfaat  sosial

Karya inovatif dapat bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkan khususnya dalam bidang pendidikan


Berdasarkan Buku 4 PKB dalam karya inovatif terdapat dua kategori, yaitu Sederhana dan Kompleks. Kategori sederhana dan kompleks dari karya seni maupun non seni ditinjau dari jumlah karya yang dihasilkan atau durasi tampilan.

 

Jenis Karya Inovasi

Ada beberapa jenis karya inovasi, yaitu :

1.         Teknologi Tepat Guna

Teknologi tepat guna merupakan karya hasil rancangan/pengembangan/ percobaan sains dan/atau teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, sistem, atau metodologi tertentu dan dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga pendidikan terbantu kelancarannya atau masyarakat terbantu kehidupannya.

Teknologi tepat guna terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

-  Hasil pengembangan metologi/evaluasi pembelajaran/ pembimbingan, pengembangan manajemen

-          Hasil eksperimen sains/teknologi sesuai bidang tugas mengajar

-          Program aplikasi komputer yang bermanfaat untuk sekolah, pendidikan atau masyarakat

-          Alat/mesin yang bermanfaat untuk sekolah, pendidikan atau masyarakat

 

2.         Alat Peraga

Membuat/ memodifikasi alat pelajaran/ peraga dan/atau alat praktikum.

Alat pelajaran/peraga adalah alat yang digunakan untuk memperjelas konsep/teori/cara kerja tertentu yang digunakan dalam proses pembelajaran atau bimbingan.

Alat praktikum adalah alat yang digunakan untuk praktikum sains, matematika, teknik, bahasa, ilmu sosial, humaniora, dan keilmuan lainnya.

Jenis-jenis alat peraga antara lain :

-          Poster/gambar untuk pelajaran

-          Alat permainan pendidikan

-          Model benda atau alat tertentu

-          Benda potongan

-          Alat bantu pelajaran

 

3.         Karya Seni

Menemukan/menciptakan karya seni. Karya seni adalah hasil budaya manusia yang merefleksikan nilai-nilai dan gagasan menusia yang diekspresikan secara estetik dalam berbagai medium seperti rupa, gerak, bunyi, dan kata yang bersifat edukatif baik spiritual maupun intelektual bagi manusia dan kemanusiaan secara individual maupun kolektif/masyarakat.

Jenis-jenis karya seni antara lain :
-          Seni sastra, meliputi: cerpen, puisi, naskah drama/ teater/film
-          Seni rupa, meliputi: kriya logam/kayu/keramik, lukisan, patung, dan ukiran
-      Desain komunikasi visual, meliputi: sampul buku, poster, brosur, baliho, fotografi, animasi, film, company profile
-          Seni musik/suara, meliputi: lagu, aransemen musik
-          Seni busana, meliputi: baju, celana, rok, dan sejenisnya
-          Seni pertunjukan, meliputi: teater, drama, tari, sendratari, dan ensamble musik

 

4.         Pedoman

Mengembangkan/Menyusun standar, pedoman, soal, dan sejenisnya

 

Inovasi pembelajaran berdasarkan produk yang dihasilkan antara lain :

1.         Inobel Berbentuk Media Pembelajaran

2.         Inobel Berbentuk Model Pembelajaran

3.         Inobel Berbentuk Strategi Pembelajaran

4.         Inobel Gabungan dari dua atau ketiganya

Inovasi Pembelajaran Berdasarkan Bahan dan Alat yang Digunakan, yaitu :

1.         Inobel Berbasis TIK/Digital

Inobel berbasis TIK/Digital dapat berbentuk game edukasi, video dan motion grafis, Pemanfaatan aplikasi berbasis android dan PC (windows) dan virtual reality.

2.         Inobel non TIK/Digital

3.         Inobel Berbasis Lingkungan Sekitar

4.         Gabungan dari dua atau tiga basis tersebut

Inovasi Pembelajaran Berdasarkan Tahapan Implementasi, meliputi :

1.         Inobel Penelitian dan Pengembangan

2.         Inobel Eksperimen

3.         Inobel Tindakan Kelas

4.         Inobel Penilitian Tindakan Kelas

Strategi dalam Menyusun Karya Inovasi

1.         Pra Produksi

Identifikasi kebutuhan/permasalahan, jenis media, rancangan skenario, menyiapkan alat, SDM

2.         Produksi

Pembuatan media, Pengambilan gambar/video, data, aset, dan kelengkapan lainnya yang dibutuhkan

3.         Pasca Produksi

Ujicoba, revisi & pelaporan serta diseminasi

Berikut ini adalah beberapa contoh inovasi pembelajaran yang dapat dijadikan referensi :

1.         Pembelajaran dinamis kontekstual

2.         Pembelajaran berbasis STEAMEC

3.         Model Fusi pembelajaran NASDAR

4.         Maps Offline untuk pembelajaran skala

5.         Mega Sigra

6.         Model Pembinaan ASTRA untuk peningkatan aspek sikap siswa profil pelajar Pancasila

Mari kita melakukan inovasi pembelajaran agar pembelajaran yang kita lakukan lebih menyenangkan dan dapat memudahkan siswa dalam memahami dan mempraktikkan materi yang diberikan guru. Selain itu inovasi yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain di bidang pendidikan.

 

Fatmawati, S.Pd. (SMA N 1 Sumberejo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laptop ASUS Selalu di Hati

Kemajuan ilmu dan teknologi membawa kehidupan manusia ke era dunia digital. Hampir semua aspek kehidupan manusia menggunakan media digital, ...