Kamis, 14 April 2022

Optimalisasi Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran IPA

Jum’at, 04 Maret 2022 
Pertemuan Ke-1 Kelas Inovasi PGRI

Flyer Kelas Inovasi PGRI


Optimalisasi Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran IPA
(Narasumber : Sigit Suryono, S.Pd., M.Pd.)

 

Untuk menjadi menjadi guru berkarakter dan professional, seorang guru dituntut belajar sepanjang hayat, melakukan pengabdian, berkolaborasi dengan orang lain baik siswa, guru, maupun pihak lainnya melakukan riset untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, berprestasi dengan melakukan banyak inovasi dan berbagi dengan orang lain.

Perkembangan teknologi tentu berdampak pada semua aspek kehidupan termasuk di bidang pendidikan. Pada awalnya pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan belum dilakukan secara maksimal. Laboraturium komputer hanya digunakan pada saat ujian, tes, dan UNBK karena tidak ada pembelajaran TIK. Jika ini dibiarkan terus menerus tentunya peralatan yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran akan rusak karena tidak terpakai. Selain itu HP yang dimiliki oleh siswa hanya dimanfaatkan sebagai alat untuk selfi, main game dan media sosial padahal waktu siswa untuk menggunakan HP begitu banyak, jika tidak dimanfaatkan untuk hal lebih bermanfaat dan positif tentu akan berdampak kurang baik bagi perkembangan siswa.

Teknologi sangat mendukung pembelajaran jika dimanfaatkan dengan baik. Komputer dan HP bias digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan serta lebih memberi semangat pada siswa untuk belajar. Sebagai contoh Smartphone bisa digunakan untuk melakukan praktikum dan pengamatan, melakukan berbagai macam riset dengan siswa, melatih siswa membuat aplikasi android sendiri yang dikembangkan dengan powerpoint + I_Spring + WebtoAPK dan sebagainya.

Selain itu guru dapat berinovasi dengan memanfaatkan ICT seperti membuat media pembelajaran interaktif, membuat aplikasi rapor, aplikasi PKG dan aplikasi-aplikasi lainnya yang sangat diperlukan oleh seorang guru. Untuk mencapai ini tentunya seorang guru harus terus belajar dan berlatih secara konsisten, berkolaborasi dan berbagi. Ketika guru melakukan inovasi perlu dicatat dan didokumentasikan karena suatu saat itu akan sangat berguna ketikan membuat portofolio dan laporan sebuah inovasi.

Pada masa pandemi covid-19 pembelajaran dilaksanakan secara daring. Banyak inovasi yang dapat dilakukan oleh guru dengan media digital untuk pembelajaran seperti google classroom untuk pembelajaran klasikal, menggunakan web atau blog untuk pembelajaran, aplikasi web berbasis android yang menggunakan google site, dan masih banyak lagi platform digital yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran.

Guru dapat berinovasi sesuai dengan potensi dan passion yang dimiliki serta disesuaikan dengan zamannya. Untuk dapat berinovasi harus terus belajar, berkolaborasi dan saling berbagi.

Didiklah anakmu sesuai dengan jamannya, Karena mereka hidup bukan di jamanmu” (Ali bin Abi Tholib)

 

Fatmawati, S.Pd. (SMA N 1 Sumberejo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laptop ASUS Selalu di Hati

Kemajuan ilmu dan teknologi membawa kehidupan manusia ke era dunia digital. Hampir semua aspek kehidupan manusia menggunakan media digital, ...