Pertemuan 16
Hari/Tanggal : Senin,
08 November 2021
Alhamdulillahirobbil ‘alamiin pada hari ini Senin tanggal 08 November 2021 dapat mengikuti pelatihan belajar menulis gelombang 22 yang tanpa terasa sudah sampai pada pertemuan ke-16. Kelas dimoderatori oleh Pak Dail Ma’ruf mendampingi bapak Yulius Roma Patandean alumni kelas belajar menulis gelombang 20 sebagai nara sumber pada pertemuan hari ini. Untuk lebih mengenal nara sumber lebih jauh, bisa menyimak lewat tautan berikut : https://romadean.blogspot.com/2021/01/profil.html
Pada pertemuan kali ini nara sumber menyampaikan materi tentang ” Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis”.
Untuk menyusun sebuah buku ada beberapa langkah
yang harus dilakukan oleh seorang penulis, antara lain :
1. Menyatukan
semua naskah dalam satu file Ms Word. Semua naskah digabungkan dalam satu file
agar tidak ada naskah yang tertinggal. Untuk mengurutkan naskah bisa dilakukan
belakangan.
2. Memberikan
judul buku. Judul akan memandu penulis untuk mengembangkan, mengurangi atau
menambah tulisan.
3. Membuat
Prakata, atau jika memungkinkan menyiapkan
Kata Pengantar dari orang lain yang penulis
percayakan.
4.
Menyiapkan Sinopsis
5.
Menyiapkan Biodata Penulis beserta foto
terkeren.
6. Membuat daftar isi, kutipan, indeks, dan daftar
pustaka. Kita dapat melakukannya secara rapi dan otomatis karena konten yang
rapi akan terlihat lebih menarik. Cara dan tipsnya yang dapat dilihat dalam
video berikut : https://youtu.be/eePQwyHAcjw
7. Membuat judul, bab, dan sub judul tulisan.
Pembuatannya juga dapat dilakukan secara otomatis dan caranya dapat dilihat
pada video berikut : https://youtu.be/jXPr59aWJSc
8. Membuat indeks pada tulisan berbentuk buku agar
pembaca lebih mudah dalam memahami istilah-istilah yang digunakan dalam dalam
sebuah buku. Caranya ketik INDEKS pada halaman baru kemudian klik references
lalu klik mark entry. Setelah itu cari istilah-istilah yang akan dimasukkan
dalam indeks, diblok dan masukkan mark entry. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat
dalam video berikut : https://youtu.be/mS8bfNZT-rA
Pengalaman dalam mengetik naskah skripsi dan tesis dapat dijadikan acuan dalam mencoba melakukan editing naskah buku. Untuk mewujudkan buku solo dapat dilakukan dengan menyatukan semua materi dalam satu file Ms. Word. Materi-materi dari para nara sumber sebaiknya dimodifikasi agar menjadi naskah baru yang orisinil. Siapkan judul, bab dan sub bab karena itu merupakan gambaran umum kerangka naskah buku yang dibuat sehingga hal tersebut akan membuat penulis mengetahui mana naskah yang belum lengkap dan naskah yang perlu dikurangi.
Buku yang berasal dari kumpulan resume bisa menggabungkan berbagai bentuk style sehingga lebih bervariasi dan menjadi bumbu racikan yang membuat naskah buku lebih menarik dan menghibur serta memberi kesan tersendiri bagi pembacanya.
Menyusun draft sebuah buku bukanlah cara yang mudah
karena harus ada keterkaitan antara judul da nisi buku itu sendiri. Cara
memunculkan ide menyusun kerangka buku yang sistematis antara lain :
1. Tuliskan
ide yang terlintas di benak kita walaupun 3-5 kalimat saja lalu simpan.
Tambahkan judul/subjudul .
2. Lengkapi
naskah dengan gambar hasil jepretan sendiri karena gambar dapat membantu
penulis dalam menyampaikan ide.
3. Hubungkan
judul demi judul yang memiliki keterkaitan pada saat editing karena bisa jadi
akan muncul judul baru dari pengalaman pribadi kita.
Mari menulis untuk salurkan berkah bagi orang banyak. Biarkanlah jejak menulis itu abadi hingga kita berkalang tanah. Raga boleh tiada tapi ide dalam tulisan akan abadi seumur bumi ini. Ini adalah closing statement yang di sampaikan oleh nara sumber pada akhir pelatihan.
Semoga Alloh SWT. Selalu membimbing kita dalam menebarkan kebaikkan lewat tulisan dan semoga tulisan ini bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar